Kamis, 13 Februari 2014

Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor, pantai, dan Mini

BOLA VOLI (Indoor)
Bola voli merupakan suatu olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan dengan net. Permainan di atas lapangan bebentuk empat persegi panjang,  di tenga - tengah lapangan dipisahkan dengan dibentangkan net. Permainan ini dapat dimainkan di dalam ruangan atau di lapangan terbuka.
Tujuan permainan bola voli adalah agar setiap regu dapat melewatkan bola melalui atas net sampai bola yang dilewatkan tidak menyentuh lantai di dalam daerah atau lapangan sendiri. Dalam permainan tiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke daerah lawan melewati atas net dan berusaha memenangkan permainan dengan cara mematikan bola di daerah lawan dnegan menggunakan teknik-teknik bermain bola voli yang benar.
Untuk mendapatkan kemenangan, setiap pemain bola voli harus menguasai teknik dasar memainkan bola karena penguasaan teknik dasar menentukan menang atau kalahnya suatu pertandingan.
2.      VOLI PANTAI (Outdoor)
Voli pantai merupakan variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri. Permainan bola voli pantai dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 2 orang pemain dan tanpa ada pemain cadangan. 
Permainan bola voli berkembang pesat sekali, sehingga pada Olympiade 1996 di Atlanta yang akan datang sudah masuk sebagai nomor resmi yang akan dipertandingkan. Voli pantai populer sebagai aktivitas rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, namun sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. Bahkan, olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut, seperti Swiss. Olahraga ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dan badan tertingginya adalah Fédération Internationale de Volleyball.
3.      VOLI BOLI MINI (Mini Volley)
Permainan bila voli mini merupakan permainan bola voli yang dimainkan di atas lapangan kecil dengan 2 sampai 4 orang pemain dari tiap-tiap tim dan mempergunakan peraturan yang sederhana. pembinaan bola voli untuk anak-anak usia dini yaitu sekitar 9 - 13 tahun. Bola voli mini merupakan cara terbaik untuk mempelajari ketrampilan dasar. Dengan cara ini tiap pemain lebih banyak menyentuh bola dan ukuran tempat bermain lebih kecil selaras bagi dasar ketrampilan ini.
Umumnya peraturan bola voli mini sama dengan peraturan bola voli biasa, hanya terdapat beberapa hal yang ditrapkan demi kebutuhan dan kemampuan para pemula muda, maka peraturan bola voli mini disederhanakan sebagai berikut:
Dua regu masing-masing terdiri dari 4 pemain dan 2 pengganti, bermain di lapangan yang berukuran lebar 6 m dan panjang 12 m. Tinggi net (jaring) 2,10 m bagi tim putra maupun putri. Bola sesuai dengan kreteria yang tertera pada peraturan biasa hanya lebih ringan (± 200 gram).

Perbedaan Permainan Bola Voli (Indoor), Bola Voli Pantai (Outdoor) dan Bola Voli Mini

Perbedaan yang paling signifikan antara permainan bola voli dalam ruangan (indoor), bola voli pantai (outdoor)  dan bola voli mini terletak pada lokasi dan jumlah pemain pada setiap timnya.
1.      Pada permainan bola voli dalam ruangan, lokasi yang digunakan untuk melangsungkan pertandingan berupa lapangan dengan permukaan yang keras. Sedangkan permainan bola voli pantai dimainkan di atas lapangan dengan lapisan pasir yang cukup tinggi. Yang kedua, pemain bola voli pantai dalam setiap tim berjumlah 6 orang. Sedangkan pada permainan bola voli pantai, pemain dalam setiap tim hanya berjumlah 2 orang. Kemudian pada permainan voli mini jumlah pemainnya terdiri dari 4 pemain utama dengan cadangan 2 orang (lokasi sama dengan voli dalam ruangan).
2.      Lapangan yang digunakan dalam permainan bola voli pantai memiliki ukuran yang lebih sempit jika dibandingkan dengan lapangan bola voli dalam ruangan. Jika pada lapangan bola voli dalam ruangan memiliki ukuran 18 x 9 meter, maka lapangan yang digunakan pada permainan bola voli pantai hanya berukuran 16 x 8 meter. Kemudian pada bola voli mini memiliki ukuran lapangan ± 6 x 13,60 m mempergunakan lapangan bulutangkis.
3.      Panjang net bola voli dalam ruangan 9, 50 meter, pada voli pantai panjang net 8, 50 meter dan pada bola voli mini panjang net yaitu 7 meter dengan lebar 90 cm.
4.      Permainan bola voli pantai menggunakan jenis bola dengan ukuran yang lebih besar dan lebih lunak dari pada bola yang biasa digunakan dalam permainan bola voli dalam ruangan. Voli pantai : warna bola lebih cerah (oranye, kuning, pink, putih, dll) lingkaran sedikit lebih besar dari pada untuk dalam rungan (66 - 68 cm untuk FIVB Internasional Kompetisi) berat harus sama (260 - 280 gram), tekanan dalam akan sedikit lebih rendah (171-221 mbar atau hpa (0,175 - 0,225 kg/cm2). Sedangkan dalam ruangan terbuat dari kulit atau tiruan kulit dengan keliling 65 - 67 cm, berat bola 260 -280 gram dengan tekanan udaranya 0,30 - 0,325 kg/ cm2 atau 294,3 - 318,82 mbar. Permainan bola voli pantai menggunakan bola dengan tekanan internal yang lebih rendah. Kemudian pada bola voli mini ukuran bola yang digunakan bernomor 4 (lebih kecil dan ringan dari bola voli biasa) dengan garis tengah 22 - 24 cm dan beratnya 220 - 240 gram.
5.       Dalam permainan bola voli pantai tidak terdapat garis 3 meter sedangkan pada voli dalam ruangan terdapat garis 3 meter.
6.      Permainan bola voli dalam ruangan terdapat garis serang, sedangkan pada permainan bola voli mini tidak terdapat garis serang. Kemudian pada permainan bola voli pantai juga tidak terdapat garis serang.
7.      Permainan bola voli dalam rungan tinggi net putra 2,43 meter, tinggi net putri 2,42 meter. Sedangkan pada bola voli mini tinggi net 2, 10 meter, tinggi net putri 2,00 meter. Tinggi net putra dan putri pada bola voli pantai sama dengan bola voli dalam ruangan.
8.      Jika seorang pemain bola voli pantai melakukan block, sedangkan block tersebut membentur net hingga terpental dan terjadi kontak dengan blocker tersebut atau dengan pemain pasangannya, maka kontak tersebut akan dihitung sebagai satu pukulan.
9.      Dalam permainan bola voli pantai, menyeberang ke area lawan melalui bawah net tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran, selama hal tersebut tidak mengganggu gerakan tim lawan.
10.  Dalam permainan bola voli pantai dikenal istilah Open-hand dinks, yaitu mengarahkan atau mengoper bola ke arah area lawan hanya dengan menggunakan ujung jari-jari. Dalam permainan bola voli dalam ruangan, tehnik ini diperbolehkan. Namun, tehnik ini adalah salah satu pelanggaran jika seseorang mempraktekkannya dalam permainan bola voli pantai.
11.  Servis pada permainan bola voli pantai dalam satu tim dilakukan secara bergantian antara pemain yang satu dengan pemain yang lain. Namun, dalam permainan ini tidak diperlukan putaran pemain. Sedangkan pada permainan bola voli dalam ruangan servis dilakukan secara bergantin (searah jarum jam). Kemudian pada permainan bola voli mini posisi pemain belum dibatasi ( posisi masih tetap urutan serve adalah rotasi biasa).
12.  Dalam permainan bola voli pantai para pemain bebas berada di posisi mereka sendiri,  tidak ada posisi yang ditentukan di dalam lapangan. Tidak ada kesalahan posisi.
13.  Permainan voli pantai tidak ada pergantian pemain, karena tidak terdapat pemain cadangan. 
14.  Selain tidak terdapat seorang libero, dalam permainan bola voli pantai juga tidak diberlakukan sistem pergantian pemain seperti dalam permainan bola voli dalam ruangan.
15.  Biasanya, sebagian besar pemain bola voli pantai akan bermain tanpa menggunakan sepatu (barefoot). Hal ini dapat dilakukan berdasarkan keinginan pemain itu sendiri maupun berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan.
16.  Permainan bola voli pantai dimainkan dalam 3 set. Tim pemenang adalah tim yang pertama kali menang dalam 2 set. Pertandingan pada setiap set akan berlangsung hingga 21 poin, pada dua set pertama. Dan pada dua set pertama ini terdapat 2 poin sebagai poin tambahan. Sedangkan pada set yang ketiga, permainan hanya akan berlangsung hingga 15 poin, dengan 2 poin tambahan.
17.  Sebelummnya pakian untuk bola voli pantai khususnya bagi perempuan hanya ada dua pilihan. Yang pertama adalah two piece bikini pilihan yang kedua adalah pakian tertutup yang ketat (full body suit) yang biasanya dipakai saat musim dingin. Namun, kini atlet bola voli pantai perempuan boleh memakai celana pendek dan atasan berlengan.
18.  Dalam bola voli pantai menggunakan kode tangan yang dibuat dibelakang punggung oleh seorang pemain untuk memberitahu rekan setimnya teknik permainan yang akan dimainkan. Tujuan kode ini dibuat dibelakang punggung yaitu untuk menghindari agar lawan tidak melihat kode yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar