Rabu, 28 Agustus 2013

Asma'ul Husna

1.   Ar Rahman (bahasa Arab: الرحمن) asma Dzat Allah yang memiliki mutlak nikmat panjang dari dunia dan akhirat.melaksanakan Iman dan Islam maka ia dapat dikatakan memperoleh nikmat besar dari dunia dan akhirat, walaupun orangnya itu jelek rupanya dan miskin. Contoh kehidupan: Allah memberi nikmat yan tiada hentinya. 
2.   Ar Rahim  : (الرحيم) artinya Yang Memiliki Mutlak sifat Penyayang.
3.   Ada pun sifat Ar Rahiim (Maha Penyayang) itu adalah khusus bagi hamba-hamba Allah yang beriman. Hamba Allah yang saleh:
4.   "Sungguh Allah lebih penyayang terhadap hamba-hamba-Nya daripada seorang ibu terhadap anak bayinya" (HR Bukhari dan Muslim) Contoh dikehidupan : Allah menyayangi setiap mahluknya yang turut akan perintahnya.
5.   Al- Malik : الملك adalah SifatNya Dzat Allah Yang Memiliki Mutlak sifat Merajai/Memerintah seluruh alam. Jadi yang memerintah di seluruh alam ini walaupun ia sangat berkuasa adalah tetap mutlak milik Allah semata. Contoh dikehidupan : Tidak ada didunia ini yang merajaikarna sesungguhnya semua milik allah. 
6.   Al- Quddus : (القدوس) sifatNya Dzat Allah Yang Memiliki Mutlak sifat Suci. Kata dasar dari Al Quddus adalah Qaddasa yang artinya mensucikan dan Menjauhkan dari kejahatan, bisa pula diartikan membesarkan dan meagungkan. Contoh dikehidupan: Alla dan mahluknya maha suci sesngguhnya tidak ada yang jahat.

7.   As- Salam : السلام); Yang Memiliki Mutlak sifat Kesejahteraan. Keselamatan ini adalah sesuatu yang dimiliki oleh Allah yang sangat dibutuhkan oleh segenap makhluk-Nya. Sifat ini terutama sangat dibutuhkan agar dapat terhindar dari azab, siksa, malapetaka dan kerugian. Contoh dikehidupan : Semua yang ada didunia ini sejahtera tawakal yang banyak.

8.   Al Aziz : Kata aziz berasal dari ‘azza ya’uzzu yang berarti mengalahkan. Namun juga dapat beasal dari kata ‘azza ya’izzu yang bermakna tidak ada duanya, sangat susah diraih.atau dapat juga berasal dari ‘azza ya’azzu yang berarti menguatkan sehingga tidak terbendung. Kata Al Aziz sendiri sering diberi makna yang Maha Perkasa atau yang Maha Mulia. Sedang kata izzat sering dimaknai kemuliaan, keperkasaan atau kekuatan. Seperti firman Allah di dalam surat Fathir di atas falillahil‘izzatu jami’a (Maka kemuliaan itu milik Allah semuanya). Contoh Dikehidupan:  Allah adalah pencipta maka ialah yang paling mulia
9.   Al Mutakabbir : kebesaraan, segala pemilik kebesaraan. Contoh dikehidupan Allah adalah pemilik Alam semesta dan tidak ada yang esa selain allah.

Al Jabbar : Maha agung, maha keagungan, Allah adalah raja dari segala raja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar