Rabu, 28 Agustus 2013

Mengemukakan hal-hal menarik dan mengesankan dari Cerpen Remaja Hari Jadiku yang Pertama Sekaligus Hari Terakhirku Bersamanya Karya Risdatul Zulfiah melalui diskusi

A. Analisis Intrinsik unsur-unsur Cerpen yang dibaca
  1. Tema         : Cinta yang tak sampai -_- karna boy mengidap penyakit kanker sampai meninggal
  2. Alur           : Maju : pagi ini aku kira adalah hai yang sangat menyenangkan tapi keyakinanku berubah saat dia menghubungiku, hari ini adalah hari jadiku yang kesatu tahun. Mundur : Aku masih teringat satu bulan yang lalu dia menyiapkankejutan unukku dan menurutku itu adalah perayaan ulangtahunku yang terindah selamaku hidup. Ada pesta kembang api, dinner romantis dan kalung itu.
  3. Latar        : Taman: saat mereka menbicarakan akan mengakhiri hubungan. Kampus: saat mencari mey. Rumah sakit: saat boy dirawat dirumah sakit. 
  4. Penokohan    : Mengangkat tokoh aku dan dia. Tokoh aku sebagai toko utama yang berwatak perhatian dan penyabar pada boy saat boy sakit dan dirawat dirumah sakit. Dia sebagai tokoh kedua yang berwatak romantis hal in menunjukan saat mey sedang ulangtahun boy memberikan kejutan. Mama boy berwatak perhatian
  5. Sudut pandang    : Bersifat akuan yaitu orang prtama yang ekaligus berperansbagai tokoh utama contoh: Pagi ini aku kira adalah hari yang menyenangkan 
  6. Amanat      : Betapa berartinya seorang yang dikasihi dalam sebuah kehidupan.








B. Daya tarik Cerpen
Hal yang menarik pada Temanya seperti kehidupan nyata, alur yang menyenangkan. tokoh yang menarik bahasanya mudah dimengerti dan mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar